1. Koordinat GUI
Sistem Koordinat posisi window dan peletakan komponennya
mengikuti sistem koordinat kartesian 2 dimensi x-aksis dan y-aksis.
Penempatan dan dimensi dari komponen mengikuti aturan dasar
(x,y,lebar,tinggi)
2. AWT (Abstract Windows Toolkit)
merupakan paket dasar dalam pembentukan GUI dengan menggunakan platform yang terdapat dalam masing-masing OS (native resource)
Paket dasar : java.awt.component
Adapun struktur dasar window AWT
1. Frame atau Jwindow, sebagai komponen dasar window
2. Header, tempat judul dan standar exit-close
3. Menubar, tempat list menu
4. Kontainer object ContentPane, berfungsi sebagai kanvas tempat
komponen-komponen diletakkan
3. Swing
Product SUN dalam membangun GUI yang Independent sehingga bersifat cross platform dalam tampilan window yang dihasilkan.
Paket dasar: javax.swing.Jcomponent
4. Event Handler
Aksi-reaksi yang diberikan pada tiap-tiap komponen GUI
Jika pada aplikasi berbasis command prompt kita memanfaatkan masukan dari keyboard untuk melakukan suatu aksi atau perintah, maka pada aplikasi berbasis GUI juga dibutuhkan sumber inputan ataupun kondisi yang melekat pada masing-masing komponen didalam frame yang disebut dengan event.
Event kebanyakan dihasilkan oleh piranti utama input yaitu mouse dan keyboard, event model ini dinamakan low-level event. Dan ada pula event yang terjadi dikarenakan suatu proses pada komputasi yang biasanya berupa pesan atapun peringatan dikarenakan kondisi pada memori, prosesor ataupun yang lainnya yang disebut dengan semantic event.
Proses event:
1. Lingkungan aplikasi
2. Komponen Sumber event
3. Kejadian (event)
4. Penyampaian Kejadian (Listener)
5. Implementasi atau reaksi setelah diterimanya kejadian
dalam membangun aplikasi berbasis GUI kita menggunakan IDE(Integrated Development Invironment) seperti Netbeans
==>Reblog from http://ninafauziah.blogspot.com
saTHREEa WirA